Jumat, 18 Januari 2013

Tips Pemakaian GENSET



Agar Generator Set Anda Selalu Prima
Generator set (genset) merupakan alat andalan di saat kesediaan listrik PLN tak memadai atau pun saat “byar-pet” kerap melanda. Namun, kerapkali kita dibuat repot saat genset tiba-tiba macet saat dibutuhkan. Sebenarnya hal itu tak perlu terjadi bila saja kita mengetahui cara penggunaan yang tepat dan merawatnya secara teratur. Untuk itu, sangat penting mengenali lebih dini genset yang digunakan agar potensi kerugian atau pengeluaran biaya yang lebih besar dapat dicegah.

Langkah awal yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian genset antara lain, periksa dan pastikan selalu :
1. Kondisi & jumlah oli pelumas yang digunakan harus sesuai dengan yang ditetapkan
2. Kecukupan & kesesuaian bahan bakar yang digunakan (bensin, solar, atau LPG)
3. Sambungan & kondisi accu/baterai (untuk yang menggunakan starter elektrik)
4. Kondisi & kecukupan pendingin/coolant dalam radiator (umumnya tipe diatas 5 kVA)
5. Kabel pembebanan tersambung ke jaringan/beban
6. Saklar MCB/breaker pembebanan pada posisi off
7. Saklar MCB/breaker PLN pada posisi off
8. Prosedur penyalaan genset : 
o Untuk genset bensin : 
Posisikan saklar mesin/engine switch pada posisi on
Posisikan tuas pengatur udara/choke pada posisi on 
Nyalakan generator & gunakan pengaturan gas agar kondisi start stabil 
o Untuk genset diesel :
Posisikan kunci kontak pada posisi on & biarkan sejenak
Periksa voltase pada display 12 V atau 24 V (tergantung dari accu yang dibutuhkan)
o Nyalakan genset dengan memutar kunci kontak pada posisi start

9. Biarkan hidup tanpa beban selama ± 5-10 menit agar putaran stabil
10. Posisikan saklar MCB/breaker pembebanan pada posisi on
11. Prosedur mematikan generator : 
o Posisikan saklar MCB/breaker pembebanan pada posisi off
o Biarkan selama ± 5 menit agar putaran kembali stabil & menghabiskan gas buang
o Posisikan saklar mesin/engine switch pada posisi off (untuk tipe bensin) atau posisikan kunci kontak pada posisi off (untuk tipe diesel)

Agar masa pakai genset lebih panjang, perlu diperhatikan hal-hal berikut :
1. Waktu pemanasan awal. Biarkan mesin hidup ± 5-10 menit pertama setelah start, hal ini diperlukan agar putaran stabil.
2. Pembebanan. Sebaiknya gunakan pembebanan maksimum 80% dari kapasitasnya untuk menjaga agar tidak terjadi over load saat ada beban kejut ringan
3. Pelumasan. Ganti pelumas setelah 20 jam pertama dan setiap 100 jam berikutnya
4. Pemanasan untuk perawatan. Jalankan genset minimal sekali seminggu selama ± 5-20 menit untuk menjaga kondisi accu dan pelumasan di dalam unit mesin.
5. Sirkulasi udara. Letakkan unit pada tempat dengan sirkulasi udara yang baik atau tambahkan exhaust fan agar tidak terjadi over heating pada genset.

Beberapa tips pemakaian GENSET yang dapat diterapkan di antaranya :

Pertama, tidak menempatkan genset di dalam ruangan, mengingat karbonmonoksida yang dihasilkannya dapat mengontaminasi kualitas udara di dalam rumah yang tidak boleh dihirup manusia. Untuk amannya, letakkan genset di ruangan luar dengan sirkulasi udara yang baik namun tetap terlindung dari hujan dan aliran udara tidak mengarah ke dalam ruangan.

Penempatan ini juga sebaiknya menggunakan system grounding untuk system listrik di rumah, sehingga kelebihan arus listrik yang ditimbulkan medan magnet dapat tersalurkan ke tanah dan menghindari terjadinya sengatan listrik.

Kedua, usahakan untuk tidak menggunakan genset melebihi kapasitasnya dan biasakan menghidupkan barang elektronik yang memerlukan daya listrik paling besar terlebih dahulu.

Ketiga, perawatan seperti genset diesel, genset gas, maupun jenis genset lain secara langsung akan berpengaruh pada kinerja genset. Jika setiap komponen genset dirawat dan dijaga kondisinya, maka kinerjanya menjadi lebih baik serta memberi keamanan selama proses bekerja. Itu sebabnya, selain dibersihkan secara berkala, periksalah volume oil, air radiator, dan tangki bahan bakar secara teratur dan melakukanpenggantian dengan rutin. Banyak tempat kita belajar untu merawatnya, sasalah satunya adalah dari tempat jual genset. Di sana bisa menanyakan keluhan seputar genset.

Dianjurkan juga untuk menyalakan genset setiap minggu sekali tanpa diberi beban untuk sirkulasi oli sehingga seluruh komponen genset (semisal genset gas, genset diesel, dll) lebih tahan lama. Kencangkanlah baut-baut genset jika ada yang kendur dan lakukan service tenaga ahli.

1 komentar: